logo v2

MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat

31

22

33

44

Bimbingan Teknis Implementasi TTE Bagi Panitera PTUN

Written by FEBBY FAJRURRAHMAN on .

Written by FEBBY FAJRURRAHMAN on . Hits: 240

Jakata | 17 Februari 2020

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Implementasi Tanda Tangan Elektronik (Salinan Putusan) Bagi Para Panitera  Di Lingkungan Peradilan TUN ”, pada tanggal 17-19 Februari 2020. Bimtek yang diadakan di Hotel Mercure Jakarta Kota ini diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari para Panitera dan beberapa Admin IT di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) se-Indonesia.

bimtektte2020Bimtek dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN Mahkamah Agung RI, Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum S.H., M.H.  Dalam Pembukaan tersebut, Ibu Dirjen menyampaikan apresiasi dan harapan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas-tugas peradilan yang sedang digalakkan oleh Mahkamah Agung, beliau meminta agar semakin menyiapkan diri dengan belajar dan bekerja lebih giat agar peradilan berbasis elektronik dapat diimplementasikan dengan baik  di lingkungan Peradilan TUN.

Hari kedua kegiatan dimulai dengan pemberian materi oleh narasumber dari Bapak Aria Suyudi SH, LLM, Tim Asistensi Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung RI. Beliau menyampaikan materi mengenai latar belakang, pengertian dan keabsahan tanda tangan elektronik pada Salinan Putusan Elektronik dalam konteks E-Court. Pengertian dari salinan putusan elektronik sendiri merupakan salinan putusan yang disampaikan secara elektronik kepada para pihak melalui Aplikasi e-CourtKemudian pada sesi selanjutnya materi kedua disampaikan oleh narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara  (BSSN). Materi yang disampaikannya yaitu mengenai Keamanan , Regulasi dan Efisiensi dalam penggunaan Tanda Tangan secara Digital. Selanjutnya pada sesi ketiga yang dilaksanakan setelah ishoma yaitu praktek implementasi tanda tangan elektronik (Salinan Putusan) yang di mentori oleh Stefanus Dwi Putra Medisa, S.Kom. dan Didik Irfan Setiawan, Amd.Kom. dari Tim Pengembangan IT MA RI. Tampak sekali antusias dari para peserta hingga kegiatan pun tetap dilanjutkan hingga malam harinya.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini diakhiri dengan acara penutupan pada hari rabu pukul 7.30. Acara ini ditutup oleh plt. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administasi peradilan Tata Usaha Negara, bapak Didik Andy Prastowo, S.H., M.H. Diharapkan semua peserta dapat menguasai materi yang telah diberikan selama kegiatan berlangsung dan dapat menerapkannya nanti dengan baik dan efisien di satker masing-masing. (ditjenmiltun.net).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTUN Banjarmasin

Jln. Brigjend. H. Hasan Basri No. 32 - Kayutangi Banjarmasin 70123

Telp: (0511) 3300072, (0511) 3300393

Fax: (0511) 3300072

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ig  PTUN Banjarmasin 
yt  PTUN Banjarmasin 

Tautan Aplikasi

Copyright © 2021 TIM - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin