KETUA MAHKAMAH AGUNG RI HADIRI PERESMIAN PORTAL HUKUM ASEAN

Ketua Mahkamah Agung RI Yang Mulia Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. bersama dengan para Ketua Mahkamah Agung se-ASEAN menghadiri acara peresmian ASEAN Judiciaries Portal (Portal Hukum ASEAN) sebagai bagian dari program Council of ASEAN Chief Justice (CACJ) pada hari Jumat 27 Juli 2018 bertempat di Supreme Court of Singapore. Dibentuknya portal ASEAN dimaksudkan untuk menampilkan hukum negara anggota ASEAN yang mendorong kerja sama peradilan dan mendorong pengembangan perdagangan dan investasi untuk kawasan ASEAN.

 

Dalam portal hukum ASEAN tersebut masing-masing negara dapat menayangkan berbagai informasi hukum antara lain, perundang-undangan tertentu, sistem hukum putusan-putusan penting, dan informasi lainnya terkait dengan kondisi hukum dan peradilan di masing-masing negara. Selain itu portal hukum ASEAN juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi antar negara anggota ASEAN dalam membantu penyelesaian hukum lintas negara.

 

Ketua Mahkamah Agung Singapura The Honourable Sundaresh Menon dalam sambutannya mengatakan bahwa terwujudnya portal hukum ASEAN ini merupakan langkah maju dalam proses kerjasama ASEAN di bidang hukum karena dengan adanya portal tersebut masing-masing negara anggota dapat saling bertukar informasi penting tentang hukum yang bermanfaat bagi perkembangan dunia investasi di wilayah ASEAN.

 

Sebelum peresmian portal hukum ASEAN ini, telah dilakukan pelatihan bagi para operator dari masing-masing negara anggota dalam penggunaan dan pengisian konten website tersebut, sehingga pada saat peresmian website portal hukum ASEAN tersebut telah siap diakses baik oleh publik maupun para anggota negara ASEAN.

 

 

Sumber berita dari website Mahkamah Agung Republik Indonesia