PEMBINAAN DAN PENGAWASAN HAKIM DALAM SELURUH APARATUR PERADILAN PERMA 7,8 DAN 9 TAHUN 2016 DAN MAKLUMAT KMA NO 1 tahun 2017 PADA SAAT RAPAT BULANAN

Kamis, 9 Mei 2019

Menindaklanjuti surat dari Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Nomor : W2-TUN/674/O/PS.01/V/2019, tanggal 6 Mei 2019, perihal : Pengawasan dan Pembinaan Integritas Hakim dan Aparatur Peradilan, dilaksanakan kegiatan pengawasan dan pembinaan dari Ketua PTUN Banjarmasin sekaligus Rapat Rutin di lingkungan PTUN Banjarmasin. Bertempat di ruang sidang utama PTUN Banjarmasin, rapat dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua PTUN Banjarmasin Bapak Sumartanto, SH, MH, yang didampingi oleh Sekretaris Bapak H. Chaidar Kamaluddin, SE dan Wakil Panitera Bapak Andi Duama Putra, SH. Rapat dihadiri Hakim, pejabat struktural, pejabat fungsional, dan seluruh staf PTUN Banjarmasin.

 

 

 

Agenda rapat pertama membahas tentang pembinaan dan pengawasan hakim dam seluruh aparatur peradilan, yang berpedoman pada PERMA No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakkan Disiplin  Kerja Hakim, PERMA No. 8 tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, PERMA No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (WhistleBlowing) dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung No. 01/Maklumat/KMA/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Di Bawahnya.

 

 

 

Dengan adanya pembinaan ini yang kedepannya akan rutin dilaksanakan, diharapkan efektif dalam rangka pencegahan penyimpangan Hakim dan Aparatur Peradilan khususnya di lingkungan PTUN Banjarmasin, untuk menuju visi Mahkamah Agung RI “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung”, dan visi dari PTUN Banjarmasin sendiri “Mewujudkan Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin Yang Berwibawa dan Akuntabel”.

 

 

 

Selain itu pada agenda rapat yang kedua membahas terkait persiapan adanya pengawasan dari PT TUN Jakarta. Ketua PTUN Banjarmasin juga menghimbau agar bukti – bukti hukum yang ada di PTUN Banjarmasin lengkap dan rapi, juga untuk kebersihan dari lingkungan kantor harus tetap terjaga. Semua ini agar PTUN Banjarmasin dalam memberikan pelayanan para pencari keadilan menjadi lebih baik dan maksimal.