Refreshing & Troubleshooting SIPP

Banjarmasin | 29 Oktober 2018

 

Sebagai bentuk optimalisasi penggunaan SIPP dalam melaksanakan tugas pokok Kepaniteraan, khususnya Panitera Pengganti, maka pada Hari Senin tanggal 29 Oktober 2018 jam 15.30 WITA, Sub Bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan melaksanakan salah satu program kerjanya, berupa kegiatan Refreshing & Troubleshooting SIPP bagi Panitera dan Panitera Pengganti di Ruang Sidang Utama PTUN Banjarmasin.

 

 

Dengan dimoderatori langsung oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan, Hj. Iftahul Jannah, SE.,MM., kegiatan yang diikuti oleh Panitera dan para Panitera Pengganti tersebut berlangsung lancar dan ditanggapi secara reponsif oleh para peserta. Hakim Pengawas Sub Bagian Perencanaan, IT & Pelaporan, Febby Fajrurrahman, SH., MH., yang bertindak sebagai fasilitator menyampaikan beberapa penjelasan dan penggunaan fitur-fitur di SIPP yang selama ini belum dioptimalkan, seperti penggunaan template untuk panggilan maupun berita acara, serta pengunggahan berita acara.

 

Lebih lanjut Febby menjelaskan, bahwa pemanfaatan SIPP untuk menunjang kinerja pelayanan peradilan, harus optimal dalam rangka mewujudkan peradilan yang cepat dan tepat, hal mana juga merupakan bagian dari ide besar mengenai peradilan elektronik yang paperless. Diantaranya dengan penggunaan template berita acara oleh Panitera dan Panitera Pengganti maupun koreksi berita acara oleh Majelis Hakim yang dilakukan melalui file elektronik dengan mengurangi penggunaan kertas.

 

Ke depannya, Panitera PTUN Banjarmasin Hj. Sitti Rahmatiah menyatakan kegiatan semacam ini akan dilakukan secara rutin dan berjangka, untuk mengukur dan melakukan evaluasi atas optimalisasi penggunaan SIPP bagi Panitera dan Panitera Pengganti.