header v6.jpg

Selamat Datang di Website PTUN Banjarmasin

Kenali dan cari informasi lengkap mengenai PTUN Banjarmasin maupun pelayanan hukum yang diberikan. PTUN Banjarmasin. MANTAP!!
Selamat Datang di Website PTUN Banjarmasin

E-Court (Electronic Court)

Peradilan tak lagi dilakukan secara konvensional. Bahkan pelaksanaan sidang pun dilaksanakan secara online (daring). Inilah era Peradilan Elektronik (e-court).
E-Court (Electronic Court)

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Pantau dan ikuti perkembangan penanganan sengketa administrasi di PTUN Banjarmasin, secara aktual dan terkini.
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

SIWAS (Sistem Informasi Pengawasan)

Dimintai uang atau barang secara illegal saat berperkara di Pengadilan? Atau urusan administrasi anda dipersulit oleh ASN Pengadilan? Segera laporkan!!
SIWAS (Sistem Informasi Pengawasan)

MAKLUMAT STANDAR PELAYANAN PERADILAN

MAKLUMAT STANDAR PELAYANAN PERADILAN
MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat
1 2 3 4 5

RINGKASAN LKjIP 2023

======================================================================================================================================

 

Laporan (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah) Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin Tahun 2023 merupakan gambaran capaian kinerja yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawaban sekaligus sebagai alat ukur dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, serta melaksanakan amanah yang diberikan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Secara umum hasil capaian kinerja Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin Tahun 2023 telah dapat memenuhi target sesuai rencana kinerja yang ditetapkan, namun ada beberapa capaian yang lebih rendah dari tahun sebelumnya dan menjadi bahan perbaikan untuk tahun 2024.

Adapun keberhasilan maupun kendala atau hambatan dalam pencapaian kinerja di Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin pada tahun 2023 diuraikan sebagai berikut :

Keberhasilan

Keberhasilan atas pencapaian target dari rencana kinerja yang ditetapkan adalah tidak lepas dari peran serta semua pihak yang terlibat di dalamnya. Keberhasilan tersebut merupakan cerminan dari telah berjalannya sistem kerja yang berlaku dan didukung oleh suasana kerja yang dinamis dan bersifat kekeluargaan. Keberhasilan pencapaian kinerja di Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin pada tahun 2023 adalah sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi, baik teknis maupun administrasi, telah berhasil dengan baik.
  2. Pelaksanaan tertib administrasi perkara di Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin pada umumnya sudah berjalan dengan baik dan telah mencapai target.
  3. Realisasi Anggaran DIPA 01 dan 05 diatas 95% (Realisasi DIPA 01 sebesar 96,52% dan Realisasi DIPA 05 sebesar 99,95%)
  4. Penyelesaian perkara pada prinsipnya telah berjalan dengan baik sisa perkara ditahun 2022 dapat diselesaikan seluruhnya di tahun 2023.
  5. Perkara yang diselesaikan tepat waktu memenuhi target.
  6. Perkara yang tidak mengajukan upaya hukum (banding dan kasasi) tidak memenuhi target.
  7. Index persepsi pencari keadilan yang puas terhadap layanan peradilan meningkat dan bernilai “SANGAT BAIK”. index responden pencari keadilan yang puas terhadap layanan peradilan melampaui target serta realisasinya mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2022
  8. Salinan putusan yang dikirim ke para pihak telah tepat waktu dan memenuhi target.
  9. Pencari keadilan golongan tertentu telah mendapatkan layanan bantuan hukum (posbakum) dan memenuhi target.
  10. Penyelesaian perkara prodeo tidak dapat dilaksanakan disebabkan karena mata anggaran penyelesaian perkara prodeo tidak ada pada DIPA 05 Tahun Anggaran 2023.
  11. Putusan perkara yang ditindaklanjuti (dieksekusi) tidak memenuhi target.
  12. Untuk Pelayanan masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Negeri Tegal sudah menggunakan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pojok e-Court.

Kendala atau Hambatan

Dalam pelaksanaan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh satuan kerja tentunya ditemui sejumlah kendala atau hambatan yang dapat menghambat proses pelaksanaannya. Hal tersebut wajar apabila kendala atau hambatan tersebut dapat langsung dicari jalan keluar atau solusinya. Kendala atau hambatan yang ditemui di Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin pada tahun 2023 adalah sebagai berikut :

  1. Masih adanya perkara yang diselesaikan lebih dari 5 (lima) bulan.
  2. Terdapat perkara eksekusi yang masih menunggu putusan PK (Peninjauan Kembali) sehingga Ketua Pengadilan belum mengeluarkan penetapan eksekusi.
8
survey ikm ipak tri IV Tosca and Grey Modern QR Code Poster Portrait 1080 1080 piksel 1
HUTRI 78
   
 
  • Bantuan Hukum
  • Pengaduan
  • Permohonan Informasi
  • Form Pelayanan Disabilitas

Bantuan Hukum

Logo Posbakum  Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma–cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah Kelompok orang kurang mampu yang berada pada wilayah hukum Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin.Untuk Prosedur dan tata cara pemberian bantuan hukum dapat anda klik tombol dibawah ini.
Read More

Syarat dan Tata Cara Pengaduan

Pengaduan  Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Read More

Permohonan Informasi

Informasi  Untuk permohonan informasi publik, silakan klik tombol di bawah ini
Read More

Form Pelayanan Disabilitas

Logo PosbakumForm Pelayanan khusus disabilitas bagi para pencari keadilan yang ingin datang ke Pos Bantuan Hukum Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin.
Read More